Minggu, 26 April 2009

8 perusahaan pundi-pundi Prabowo

BERPOLITIK.COM, Rakyat Merdeka
Jakarta, RM. Data yang tercantum di situs http://www.prabowosubianto.net/aktifitas.htm mungkin bisa jadi gambaran, berapa kekayaan Prabowo. Disebutkan kegiatan bisnisnya ada di 8 (delapan) holding besar, yaitu:



1. Nusantara Energi Group perusahaan berbasis di Indonesia yang didirikan pada bulan November 2001. Terbagi atas lima unit usaha Pulp, Kehutanan dan Pertanian, Pertambangan, Perikanan Komersial dan Jasa Pelayanan Profesional. Memiliki sekitar 10.000 pekerja, dengan total aset sebesar satu miliar dolar AS.

2. Kiani Kertas didirikan tahun 1990, dan meliputi area sebesar 3400 hektar untuk menampung pabrik kertas, perumahan karyawan, sekolah swasta, dan berbagai fasilitas bagi operasional perusahaan. Lokasinya berada sekitar dua km dari Sungai Berau di Propinsi Kalimantan Timur. Kiani Kertas menghasilkan pulp berkelas dunia dengan kapasitas produksi 1500 ton perhari selama 350 hari pertahun. Perusahaan memperoleh bahan baku dari hasil perkebunan sendiri. Berdasarkan pada Laporan Sierlando tahun 2002 total aset sejumlah 788 juta dolar AS.

3. Tidar Kerinci Agung. Perusahaan investasi dalam negeri yang didirikan pada bulan Juli 1984 oleh Prof Dr Soemitro Djojohadikusumo. Berlokasi di dua propinsi dan tiga kawasan, yakni Sawah Lunto-Sijunjung, Solok, Sumatra Barat dan Tebo di propinsi Jambi. Pemegang hak pengelolaan dan pengoperasian area sebesar 28.000 hektar dalam kurun waktu 35 tahun. Mempekerjakan 547 staf permanen, termasuk staf senior, dan hampir lima ribu pekerja harian.

4. Pabrik penyulingan minyak kelapa sawit dibangun pada tahun 1991 dengan kapasitas awal dapat memproses 30 ton tandan buah kelapa segar per jam, meningkat menjadi 60 ton per jam. Hasil yang diperoleh berupa minyak sawit mentah dan serbuk kelapa sawit.

5. Tusam Hutani Lestari di Nanggroe Aceh Darussalam. Konsesi berlaku hingga tahun 2042 untuk area sebesar 97.300 hektar.

6. Nusantara Kaltim Coal mengoperasikan tambang-tambangnya melalui beberapa subsidiari berikut ini Erabara Persada Nusantara, Nusantara Wahau Coal, Nusantara Kaltim Coal, Batubara Nusantara Coal, Kaltim Nusantara Coal, Nusantara Santan Coal, Nusantara Berau Coal.

7. PT Jaladri Swadesi Nusantara adalah perusahaan pengangkapan ikan komersial yang didirikan September tahun 2001. Memiliki armada senilai 10 juta dolar AS, The Purse Seiner, dengan 1.331 berat GT dan panjang kurang lebih 70 meter. Operasi armada dimulai tahun 2002 dan mencapai produksi 1000 ton ikan tuna perbulan.

8. PT Gardatama Nusantara didirikan tahun 1994 untuk memenuhi permintaan jasa kemanan di Indonesia. Servis yang disediakan melingkupi Analisis Area teknik pengawasan keamanan untuk menunjukkan kelemahan sebuah sistem atau potensi-potensi bahaya, Analisa Resiko, Peningkatan Staf Keamanan dalam Perusahaan, Keahlian dalam hubungan dengan Buruh, Penggagalan Pencurian serta Penyelidikan terhadap Barang Curian, Keamanan Rumah dan Pribadi Eksekutif dan Penguatan Hubungan Masyarakat. Klien yang menggunakan perusahaan ini antara lain Caltex Pacific Indonesia, General Motors Indonesia, Total E&P Indonesia, Eni Bukat Indonesia, Schlumberger Indonesia, Siemens Indonesia, Glaxosmithkline Indonesia, Seaworld Indonesia, Swasti Paramulya dan Multi Gambut Indonesia.(Rakyat Merdeka - 17/11/2008)

1 komentar: